June 11, 2011

Jenis-Jenis Usaha Berdasarkan Bentuk-Bentuk Badan Usaha

Posted by Retya Elsivia at 10:15 PM



Beberapa bentuk badan usaha yang dikenal di Indonesia adalah perusahaan perseorangan, firma, perusahaan komanditer, perseroan terbatas, perusahaan negara, dan koperasi.

A.    Perusahaan Perseorangan
 Perusahaan perseorangan adalah bisnis yang kepemilikannya dipegang oleh satu orang dan ia bertanggung jawab sepenuhnya terhadap risiko dan kegiatan perusahaan.
Kelebihan :
·        Pengelolaannya sederhana. Dalam melakukan pengelolaan perusahaan, pemilik juga menjadi bagian dari manajemen sehingga pengendalian internal tidak terlalu kompleks dan mudah diawasi oleh pemilik langsung.
·        Proses pembentukan dan pembubaran yang sangat cepat.
·        Seluruh laba menjadi miliknya. Bentuk perusahaan perseorangan memungkinkan pemilik menerima 100% laba yang dihasilkan perusahaan. Tidak perlu kebijaksanaan  pembagian laba.
·        Bekerja dengan sederhana. Kebebasan dan Fleksibilitas. Pemilik perusahaan perseorangan tidak perlu berkonsultasi dengan orang lain dalam mengambil keputusan.
Kekurangan :
·        Perseorangan dengan pemilik memiliki tanggung jawab yang sama atas setiap tindakan yang dilakukan oleh perseorangan tersebut. Jadi kalau ada tuntuan hukum maka yang menanggung tuntuan tersebut adalah si pemilik.
·        Tanggung jawab pemilik tidak terbatas. Artinya seluruh kekayaan pribadinya termasuk sebagai jaminan terhadap seluruh utang perusahaan.
·        Sumber keuangan terbatas. Karena pemiliknya hanya satu orang, maka usaha-usaha yang dilakukan untuk memperoleh sumber dana hanya bergantung pada kemampuannya.
·        Kemampuan dalam manajemen terbatas. Semua kegiatan seperti pembelian, penjualan, pembelanjaan, pengaturan karyawan dan sebagainya dipegang oleh seorang pimpinan. Ini lebih sulit apabila manajemen dipegang oleh beberapa orang.
·        Kelangsungan usaha kurang terjamin. Resiko kegiatan usaha ditanggung sendiri. Kematian pimpinan atau pemilik, bangkrut, atau sebab-sebab lain dapat menyebabkan usaha ini berhenti kegiatannya.
           B.  Persekutuan Komanditer (commanditaire vennootschap atau CV)
           Suatu persekutuan yang didirikan oleh seorang atau beberapa orang yang mempercayakan uang atau barang kepada seorang atau beberapa orang yang menjalankan perusahaan dan bertindak sebagai pemimpin.
           Di persekutuan komanditer (CV), ada anggota yang mempunyai tanggung jawab tak terbatas dan ada anggota yang mempunyai tanggung jawab terbatas terhadap utang-utang perusahaan.
Kelebihan Persekutuan Komanditer
  1. Modal yang dikumpulkan lebih besar.
  2. Pendirian relatif mudah
  3. Kemampuan manajemennya dan memperoleh kredit lebih besar.
  4. Kesempatan untuk berkembang jadi lebih besar.
Kelemahan Persekutuan Komanditer
  1. Sebagian anggota atau sekutu di persekutuan komanditer mempunyai tanggung jawab tidak terbatas.
  2. Kelangsungan hidupnya tidak menentu dan tidak terjamin.
  3. Sulit untuk menarik kembali modal yang telah ditanam, terutama bagi sekutu pimpinan.
           C. Firma
           Sebuah persekutuan antara 2 orang atau lebih dengan nama bersama yang bertujuan untuk menjalankan usaha bersama. Tanggung jawab masing-masing anggota badan usaha firma, yang disebut firma adalah tidak terbatas.
           Laba yang diperoleh jika anda menggunakan badan usaha firma ini akan dibagi bersama-sama. Begitu pula jika menderita kerugian, semua anggota firma menanggung beban kerugian
Kelebihan Badan Usaha Firma
  1. Karena jumlah modalnya lebih besar dibandingkan dengan usaha perseorangan, badan usaha firma prosedur pendiriannya lebih mudah.
  2. Kemampuan manajemen dan financial badan usaha firma lebih besar karena adanya permbagian kerja di antara para anggota.
  3. Semua keputusannya diambil bersama-sama sehingga keputusan lebih baik.
Kelemahan Badan Usaha Firma
  1. Tanggung jawab pemilik tidak terbatas terhadap seluruh utang perusahaan. Utang-utang perusahaan ditanggung oleh kekayaan pribadi para anggota firma.
  2. Apabila salah seorang anggota membatalkan perjanjian untuk menjalankan usaha bersama maka secara otomatis badan usaha firma menjadi bubar sehingga kelangsungan perusahaan tidak menentu.
  3. Jika salah satu anggota membuat kerugian, maka kerugian tersebut juga ditanggung oleh anggota yang lain.
D.  Perseroan Terbatas
Perseroan terbatas adalah suatu badan yang mempunyai kekayaan, hak, serta kewajiban sendiri, yang terpisah dari kekayaan, hak, serta kewajiban para pendiri maupun pemilik. Setiap pemilik memiliki tanggung jawab yang terbatas atas harta perusahaan.
Kelebihan Perseroan Terbatas
  1. Tanggung jawab yang terbatas dari para pemegang saham terhadap utang-utang perusahaan sehingga tidak menimbulkan resiko bagi kekayaan pribadi maupun pemilik.
  2. Kelangsungan perusahaan sebagai badan hukum lebih terjamin, sebab tidak tergantung pada beberapa pemilik. Pemilik dapat berganti-ganti.
  3. Mudah untuk memindahkan hak milik dengan menjual saham kepada orang lain.
  4. Mudah memperoleh tambahan modal untuk memperluas volume usahanya, misalnya dengan mengeluarkan saham baru.
  5. Pengelolaan perusahaan dapat dilakukan lebih efisien.
Kelemahan Perseroan Terbatas
  1. Biaya pembentukannya relatif tinggi dan mahal
  2. Rahasia tidak terjamin


 

LOVE THE LIFE YOU LIVE Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea