January 25, 2015

Satu Semester di Yogyakarta

Posted by Retya Elsivia at 2:39 AM

Bulan ini adalah bulan ke 5 aku berada di Yogyakarta. satu semester telah dilalui sebagai mahasiswa Pascasarjana Linguistik Universitas Gadjah Mada. Hidup di antara masyarakat yang  berbudaya dan berbahasa Jawa, it's really a good thing for me. disini aku belajar banyak tentang bagaimana menjadi kaum minoritas, disini aku belajar tentang kemandirian, disini aku belajar banyak how's life without my parent yang tiap minggu biasanya selalu setia mengujungiku ke kota :")


if you ask me, is it difficult? 
the answer is yesssssss...
aku belajar pertama kali hidup berpisah beda pulau dengan orangtua, satu semester ini masih di penuhi dengan perasaan home sick yang terus melanda, tinggal di kamar 3x3 sendirian melepas penat selepas kuliah, duduk menatap jendela kamar yang berada di lantai 3, sambil melihat pesawat udara hilir mudik di angkasa, aku ingin sekali berada di dalamnya, dan tolong bawa aku menuju rumah ku di Sumatera. 

but, i believe tomorrow should be better, keep focus, keep pray, keep shoot the goal as the best gift for the parents :")

banyak sekali pengalaman yang dilalui selama satu semester ini. pastinya aku belajar cultural diversity, aku belajar mengenal teman-teman dari berbagai daerah seperti Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, Kendari, Makassar, Lampung, Jakarta, dan banyak lainnya. semua teman-teman 'unik' dengan budaya dan bahasa masing-masing. teman-teman yang memiliki satu visi, belajar menuntut ilmu dan kembali ke rumah sebagai Master of Arts serta mengabdi pada nusa dan bangsa.
taken in Prof Soepomo's Joglo. Tuesday afternoon as always here 

Happy Batik's day :)


disini aku benar-benar belajar linguistik dari linguis hebat Indonesia seperti Prof Soepomo, dosen pengampu mata kuliah Teori Linguistik, Prof I Dewa Putu Wijana, dosen pengampu mata kuliah Sosiolinguistik, Dr. Inyo Yos Fernandez, dosen pengampu mata kuliah Linguistik Historis Komparatif, Dr. Suhandano, dosen pengampu mata kuliah Linguistik Umum. setiap dosen memiliki ciri yang mengajar yang unik dengan karakteristik masing-masing yang pasti akan selalu di ingat oleh mahasiswa.


 foto bersama bapak Dr. Inyo Yos Fernandez
 foto bersama bapak Dr. Suhandano 
 foto bersama bapak Dr. Lasiyo, dosen Filsafat Ilmu

satu hal yang aku rasakan disini adalah aku bener-bener merasakan how  should classroom environment. teman-teman yang aku banggakan yang semuanya memiliki satu visi denganku. tidak ada mahasiswa yang malas belajar, mengeluh tentang tugas atau bacaan yang banyak, kuis yang selalu datang tiap 2 minggu sekali dan sering di pending disaat kita semua telah ready to face it.
berhubung aku tipikal orang yang panikan dan gampang stress ketika dihadapi masalah khususnya masalah tugas, pernah waktu itu aku shock mendengar dosen yang akan memberi kuis dari satu buah buku which is consist of 6 chapters. aku bener-bener kesal karena aku takut untuk tidak dapat dapat menjawab degan baik. n how bout others? mereka hanya tersenyum menghadapinya, mungkin istilah sekarang woles wae. tapi setelah itu kita pun terbiasa untuk kuis dari 2 buah buku, 3 buah buku bahkan 7 lebih buah buku utk ujian semester. yeayyyy.....


dan pada kuliah pasca sarjana, setiap mahasiswa dituntut untuk aktif di kelas. biasanya akan ada persentasi pada hampir semua mata kuliah, yes it's absolutely depend on the lecturer right? ya, karena setiap dosen 'unik' dengan metode pengajarannya sendiri. dan pada selama perkualihan berlangung, kita bener-bener dituntut untuk menghasilkan lembaran-lembaran kertas yang indah yaitu paper berisi analisis atau tugas, apalagi di saat Ujian Akhir Semester, mostly kita ujiannya adalah take home, bikin sebuah paper, n it's look like mini thesissss. Oh Godddd, beberapa paper main kejar-kejaran untuk diselesaikan tepat pada waktunya. dan menariknya disini adalah dosen yang bersangkutan is kindly open to discuss with student. dosen bisa dihubungi saat mahasiswa memerlukan bantuan ataupun sekedar konsultasi. it's totally different with my previous collage.

how about the student? yesss, i learn a lot about  people character here, in the end of semester, i found many character changes from previously I met. hahahaha itu biasa. anggap saja semester ini adalah proses adaptasi untuk menemukan best mate ever yang memiliki satu visi dan enak di ajak bekerjasama. dan what should be to underline ialah pada saat UAS, tidak semua mahasiswa akan mencicil tugasnya dengan baik dari waktu minggu tenang yang kurang lebih berjarak 2-3 minggu dari UAS. temen-temen masih memilih menjadi last minute person, the deadliner yang selalu menyelasaikan tugas H-1, menjalankan SKS, sistem kebut semalam, dan pada saat malam H-1, teman-teman akan sibuk mengobrol di akun group kelas, membahas tentang preparation bahkan terkadang memilih begadang demi paper. hahahaha.  

everything always have unique side to remember. thankyou for coloring my semester 1 in Yogyakarta, n wait for the nexy story in the next semester yaa :)






Yogyakarta, Sunday, January, 25th, 2015 @my sweet boarding house



 

LOVE THE LIFE YOU LIVE Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea